Kamis, 10 Mei 2012

LOMBA DUTA GENRE BKKBN 2012 (PROGRAM GENERASI BERENCANA)


Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) membidik para ramaja mulai dari siswa SMA hingga mahasiswa sebagai sasaran penggarapan program keluarga perkawinannya.
“BKKBN melalui program  GenRe ingin memberi pemahaman kepada ramaja untuk menunda usia perkawinan. Sekarang ini usia perkawinan pertama bagi perempuan masih rendah sekitar 19 tahun. Dengan menunda usia perkawinan sangat berpengaruh pada penurunan angka fertilitas,” kata Kepala BKKBN Pusat dr Dr Sugiri Syarief, MPA, di Jakarta.

Saat ini, persoalan remaja sangat kompleks, apalagi jumlah remaja berusia antara 16 tahun hingga 24 tahun mencapai 64 juta jiwa, ini harus menjadi perhatian khusus. BKKBN perlu mengintervensi melalui program GenRe (generasi berencana). Tujuannya, agar para remaja memahami program
KB dan kependudukan.

Di lingkungan mahasiswa, BKKBN mencari Duta Mahasiswa GenRe sebagai figure motivator dari kalangan mahasiswa, sesuai prinsip dari, oleh, dan untuk mahasiswa.

Pemilihan Duta Mahasiwa GenRe tahun 2012 akan dilaksanakan tanggal 6 Mei sampai dengan 11 Mei 2012. Ajang ini akan memperebutkan Piala Ibu Negara RI. Jumlah peserta sebanyak 66 mahasiswa berasal dari Juara I Duta Mahasiswa GenRe putra dan putri tingkat provinsi seluruh Indonesia.

Selama acara pemilihan itu, peserta mengikuti dua rangkaian acara utama yaitu masa karantina dan penjurian. Selama masa karantina, para akan mendapat pembekalan materi dari berbagai narasumber pakar tentang kependudukan dan KB, komunikasi, serta pengembangan diri.

Ada pun narasumber pada pembekalan antara lain Ninok Wiryono (Tim Look Models, bidang kepribadian) dan Prof Dr Noor Rachman Hadjam, SU (psikolog remaja) dan sebagai juri antara lain keke Harun (budayawan), Silih Agung Wasesa, MSi (komunikasi dan PR), Dra Poppy Safitri (budaya dan pariwisata), dan Dessy Ratnasari (pengetahuan secara umum). Kepala BKKBN akan memberikan hadiah  berupa piala tetap dan uang pembinaan, serta piagam penghargaan.(Sumber.BKKBN)

Artikel Terkait : Peserta GenRe 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar