Sabtu, 23 Juli 2011

DITEMUKAN BARANG KUNO 2011 (DESA BLENDER - CIREBON)


BLENDER – CIREBON, Sebuah bejana kuno berukuran 30 x 15 centimeter yang diduga salah satu benda purbakala ditemukan warga di persawahan Desa Blender, Kecamatan Karangwareng, Kabupaten Cirebon. Namun, belum ada dinas terkait yang meninjau temuan tersebut.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, temuan benda tersebut berawal saat Katrap (55) yang juga pekerja Museum Karya Budaya Sakti di Desa Kubangdeleg, Kec. Karangwareng, milik M. Thamrin, sedang menggali akar jati yang berusia cukup tua. Tidak disengaja cangkul yang digunakannya mengenai benda keras yang kemudian diketahui berupa bata kuno kerajaan tempo dulu.

Didorong rasa penasaran penggalian dilanjutkan, Katrap juga menemukan lubang besar cukup dalam. M. Thamrin, pemilik museum benda purbakala mengungkapkan, Sesuai catatan sejarah, tidak ada situs di kawasan tersebut, namun, temuan Katrap bisa jadi mengungkap sejarah adanya manusia zaman dulu yang membangun rumah dengan bata dan peralatan rumah tangga lainnya.Thamrin mengakui, Kartap telah melaporkan temuan itu kepadanya. Setelah dilakukan penggalian lebih dalam, ditemukan bejana kuno. "Selanjutnya saya melaporkan temuan ini kepada pemerintah daerah dan Balai Arkeologi Bandung," katanya.

Dikatakan, arkeolog dalam waktu dekat akan melakukan peninjauan dan penelitian untuk memastikan bangunan dan benda purbakala hasil temuan anggota pengurus museumnya itu.
Disebutkan, di samping bejana berusia sangat tua, Thamrin mengaku yakin di dalam tanah yang tertimbun masih banyak lagi benda bersejarah lainnya. Bata yang ditemukan cukup berat dan tanah yang dibakar murni tanpa campuran semen.

Thamrin tidak mengetahui jika benda kuno tersebut terkait dengan salah satu kerajaan di wilayah Cirebon. Karena,. berdasarkan sejarah dan cerita sesepuh Desa Blender tidak ada kerajaan di daerah sekitar penemuan benda purbakala tersebut.Agar bisa diketahui secara pasti, diserahkan kepada arkeolog dari Bandung yang akan melakukan penelitian langsung.

Kuwu Desa Blender, Yaya Warya, membenarkan penemuan benda purbakala yang membuat geger warganya. Dia mengaku telah melakukan koordinasi dengan musyawarah pimpinan kecamatan (muspika) untuk menyikapi temuan tersebut.

Sumber : Pikiran Rakyat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar